Wednesday, August 20, 2008

Pantai Depok

by : Kelik Supriyanto

Pantai depok merupakan tempat wisata baru yang sedang naik daun. Pantai yang terletak sekitar 1 km barat pantai Parangtritis ini menyediakan aneka seafood yang siap dihidangkan. Pantai yang awalnya hanya perkampungan nelayan sepi berubah menjadi tempat makan para birokrat.

Alunan gelombang dengan riak-riak air laut menuju pantai menjadi suguhan menarik bagi keluarga maupun rombongan mahasiswa. Kapal-kapal nelayan yang bersandar di pantai menjadi tontonan wisatawan. Nelayan dengan kapal fiberglas beraneka warna bertaruh dengan maut mengarungi lautan luas hanya untuk mendapatkan beberapa kilo ikan. Sedang anak istrinya hanya bisa menunggu berharap suaminya selamat sampai di rumah.

Ikan yang kita makan itu adalah jerih payah keringat para nelayan tersebut. Akibat kenaikan harga BBM membuat nelayan semakin menderita. Kenaikan biaya operasional menjadikan mereka tidak kuat membeli bahan bakar yang menjadi penggerak kapal motor mereka. Ironi memang, negara pengimpor minyak seperti Indonesia ternyata masyarakatnya susah mendapatkan minyak. Kemana saja minyak kita ? Sudah tergadai ke negara lain. Yang tersisa hanya awan hitam kemiskinan yang menggantung di atas negara bernama Indonesia.











alam pantai











kapal nelayan














ikan bakar











pedagang kaki lima













menghadang laut











rumput pantai













sunset












gerbang samudera












kampung nelayan













asyik