Tuesday, August 12, 2008

Hantu

By : Kelik Supriyanto

Hantu menurut Clifford Geertz adalah makluk halus yang terdiri dari memedi, lelembut dan tuyul. Memedi adalah makluk halus yang kerjanya hanya menakut-nakuti orang. Gendruwo adalah memedi berbentuk laki-laki hitam besar dan bisa menirukan bentuk anggota keluarga. Wewe adalah memedi berbentuk perempuan suka menggondol anak kecil yang sedang rewel dan dibawa ke atas pohon besar. Wedon, berbentuk wanita memakai kain putih yang di barat disebut ghost. Sundel bolong berbentuk wanita cantik dengan rambut memanjang sampai ke pantat dengan lubang di punggungnya, sering menggoda lelaki iseng pada malam hari.

Lelembut adalah jenis makluk halus yang suka masuk kedalam tubuh orang dan menyebabkan kesurupan. Beberapa waktu terakhir di televisi ditayangkan adanya kesurupan di berbagai sekolah menengah. Menurut perbincangan masyarakat hal tersebut disebabkan makluk halus penunggu sekolah tersebut marah karena keberadaannya mulai diganggu para siswa. Sedang tuyul adalah makluk halus yang suka mencuri uang. Orang kaya di pedesaan sering dituduh memelihara tuyul untuk mendapatkan kekayaannya. Kemungkinan disebabkan karena kecemburuan sosial saja.

Kalau dahulu sebangsa hantu selalu bersembunyi di tempat yang gelap dan angker, sekarang malah ada di tempat shooting untuk tayangan film Jelangkung, Suster Ngesot, Kuntilanak, Pocong, Sundel Bolong, Bangsal 13, Lantai 13. Memang benar film Indonesia telah bangkit dari kubur. Para hantu ini telah beramai-ramai muncul di kegelapan gedung bioskop untuk mengumpulkan rupiah dari orang-orang yang kangen akan rasa takut. Rasa takut pun sekarang harus beli. Atau datang saja di perayaan sekaten di Alun-alun utara Yogyakarta setiap bulan Mulud. Berbagai macam makluk halus akan muncul di Rumah Hantu untuk menakut-nakuti anda.

Ketakutan akan berbagai macam hantu telah lama berlangsung di Indonesia. Zaman Soekarno dikenal dengan hantu nekolim, yang harus diganyang sampai negeri tetangga. Di zaman Orde Baru ada ketakutan adanya hantu komunisme, yang harus ditumpas sampai ke akar-akarnya. Era 90-an terjadi perburuan setan-setan gundul. Apakah memang berbahaya hantu jenis ini sehingga perlu dibentuk tim khusus atau menurut pengakuan mereka, "menculik atas dasar hatinurani." Saat ini hantu yang sedang ditakuti namanya hantu terorisme. Perburuan hantu jenis ini sudah melibatkan negara adikuasa dan telah menjadi wacana internasional.

















Hantu Pocong















Hantu pemakan daging
















Hantu gantung

















Hantu buto ijo
















Hantu pemakan manusia

















Hantu hijau dan putih
















Hantu kerdil dan hantu tengkorak