Friday, September 19, 2008

Futsal

By : Kelik Supriyanto

Futsal berarti sepakbola dalam bahasa Spayol. Permainan yang bisa dimainkan oleh tim yang hanya beranggotakan 5 orang ini cepat berkembang di Amerika Selatan, terutama Brasil. Setelah mendapat perlindungan dari FIFA maka permainan ini menyebar keseluruh dunia termasuk Indonesia.

Permainan yang diciptakan oleh Juan Carlos Ceriani dari Montevideo, Uruguay, pada tahun 1930 ini telah menyihir kaum muda untuk memerankan gaya permainan Zinedine Zidane, David Beckham, Ronaldinho, ataupun Michael Ballack.

Semakin menyempitnya lahan perkotaan mengakibatkan sulitnya menemukan lapangan luas untuk bermain sepakbola sehingga permainan futsal yang hanya butuh areal 25-42 m x 15-25 m cukup memadai bagi para penggila bola.

Di Yogyakarta sedang menjamur tempat penyewaan lapangan futsal. Biaya sewa yang ratusan ribu rupiah per jam ternyata tidak menyurutkan para penggemar bola ini, malah dibeberapa tempat harus antri untuk bisa bermain. Futsal telah menjadi tren olahraga baru bagi kaum muda perkotaan.

Sepak bola politik sebentar lagi akan digelar di Indonesia. Para pemainnya adalah partai-partai politik. Segala tipu daya dan strategi digunakan untuk memenangkan pertandingan. Kesebelasan yang kita dukung harus bermain baik kalau permainannya jelek harus diumpat dicaci maki,"Dasar bodoh. Goblog. Bego. Dancuk. Bangsat. Asu. Anjir. " Dimana lagi kita bisa mengumpat sepuasnya kalau bukan di arena pertandingan sepakbola.











Siap bermain












wasit futsal












pemanasan












masuk lapangan













berebut bola











jaring lapangan













bola liar












cahaya neon












gaya menendang












lampu penerangan












kepanasan












pojok lapangan












menggapai impian












logo manchester












istirahat












logo liverpool