Monday, May 26, 2008

Markisa

by : Kelik Supriyanto



Markisa bukan tanaman asli Indonesia tetapi berasal hutan Amazon di Amerika. Nama lain markisa yaitu yellow passion fruit, maracuja, yellow granadilla, pomme liane jaune. Buah markisa ada yang berwarna ungu (passiflora edulis) dan ada yang berwarna kuning (passiflora flavicarpa) . Keduanya rasanya masam. tetapi ada yang rasanya manis dengan biji berwarna putih (passiflora edulis forma flavicarpa).

Tanaman ini merambat dengan bantuan sulur berbentuk spiral. Daunnya berjari. Bunganya mekar pada siang hari berwarna putih keunguan. Penyerbukan biasanya dilakukan oleh lebah yang tertarik oleh bau harum, tetapi dapat juga melakukan penyerbukan sendiri. Buahnya berwarna hijau dan saat matang berubah menjadi kuning atau ungu.

Di Indonesia markisa dijadikan sirup. Dengan ditambahkan gula, natrium bisulfit, air berkaporit, serta larutan CMC. Lalu masukkan botol dan direbus dalam air mendidih untuk sterilisasi, sirup siap dipasarkan. Penghasil sirup markisa berasal dari Brastagi Medan dan Ujung Pandang. Minuman ini biasanya dihidangkan saat hari lebaran atau saat tahun baru.


pucuk daun batang


sulur


daun kuncup bunga


bunga mekar


putik


mentah matang